Wajib Coba! 7 Makanan Vegetarian Indonesia

Makanan Vegetarian Indonesia
Makanan Vegetarian Indonesia

Makanan vegetarian Indonesia bisa jadi menu vegetarian yang paling cocok untuk Anda. Ya, negara kita juga punya banyak makanan vegetarian yang layak dieksplor loh. Tak hanya negara lain saja yang punya makanan vegetarian nikmat.

Makan makanan vegetarian tradisional tentu bisa menjadi pilihan untuk kamu yang baru mencoba pola hidup vegetarian. Cita rasa yang masih tradisional tentu lebih mudah diterima lidahmu yang baru mencoba menu-menu vegetarian.

Rekomendasi Makanan Vegetarian Indonesia Super Lezat

Ada banyak sekali jenis makanan vegetarian Indonesia yang mudah kamu temui. Saking banyaknya mungkin secara tak sadar kamu sudah pernah mencoba dan familiar dengan rasa makanan vegetarian ini.

Nah, agar tak bingung memilih makanan vegetarian tradisional, kamu bisa coba beberapa rekomendasi ini. Ini dia berbagai makanan vegetarian tradisional super nikmat yang wajib kamu coba.

1. Gado-gado, Makanan Vegetarian Indonesia dengan Bumbu Kacang

Gado-gado
Gado-gado

Kamu baru mencoba gaya hidup vegetarian dan jatuh cinta sama segala makanan dengan bumbu kacang? Gado-gado bisa jadi makanan vegetarian pertama yang kamu coba santap.

Memadukan berbagai jenis sayur-sayuran, bahan pembuat gado-gado pastinya sehat dan terasa nikmat. Semua sayuran segar yang dipakai dalam hidangan ini memberi rasa nikmat yang dapat dinikmati semua orang.

Bumbu kacang yang ditempatkan dalam hidangan vegetarian ini juga memberi rasa gurih yang nikmat. Apalagi bila bumbu kacang yang digunakan kental, dijamin lidahmu pasti suka cita rasa gado-gado.

Sebagai pelengkap, taburan kerupuk di atas hidangan gado-gado juga tak boleh dilewatkan. Kalau kamu suka tekstur garing kerupuk, tambahkan saja lebih banyak kerupuk di atas gado-gado, dijamin nikmat.

2. Sup Krim Jagung, Makanan Vegetarian Indonesia Gurih dan Nikmat

Sup Jagung
Sup Jagung

Cari makanan vegetarian Indonesia yang cocok disantap di suasana dingin dan cuaca hujan? Yuk coba gurih dan nikmatnya sup jagung. Hidangan vegetarian tradisional ini cocok disantap selagi hangat.

Sesuai namanya, sup jagung dibuat dari bahan jagung dan krim yang direbus secara bersamaan. Tentunya agar lebih nikmat, tak ketinggalan berbagai bumbu penyedap yang ditambahkan ke dalam sup jagung.

Tak hanya enak, sup jagung juga sangat sehat dan mengenyangkan, loh. Berkat penggunaan jagung sebagai bahan utama, sup jagung sangat bermanfaat untuk memperbaiki masalah pencernaan.

3. Sate Jamur, Pengganti Sate Daging yang Super Nikmat

Sate Jamur
Sate Jamur

Bila baru pertama kali mencoba gaya hidup vegetarian, pastinya memang ada banyak tantangan. Tantangan utama yang banyak dirasakan para pemula adalah mengganti daging dengan sayuran.

Hal ini tentu wajar bila mengingat rasa daging yang gurih dan tak mudah digantikan oleh rasa sayuran dan biji-bijian. Untuk kamu yang juga merasakan masalah ini, kamu bisa mencoba hidangan sate jamur.

Ya, sate jamur adalah hidangan sate khas para vegetarian. Sama seperti sate lainnya, sate vegetarian dibuat dengan cara dibakar, hanya saja yang dibakar adalah jamur dan bukan daging.

Uniknya, sate jamur ternyata menjadi hidangan yang ramah di lidah siapa saja, loh. Tak hanya para vegetarian saja yang suka sate jamur, melainkan semua orang suka sate ini.

Tekstur jamur yang mirip daging dan rasanya yang nikmat membuat sate jamur menjadi kesukaan siapa saja. Kamu bisa memadukan sate jamur dengan bumbu kacang atau kecap agar rasanya semakin nikmat.

4. Plecing Kangkung, Olahan Kangkung Nikmat Khas Nusantara

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung

Hidangan vegetarian tradisional lainnya yang bisa jadi pilihanmu adalah plecing kangkung. Ya hidangan olahan kangkung satu ini memang mudah ditemukan di banyak rumah makan. Mau itu restoran maupun rumah makan tradisional, pasti menyediakan plecing kangkung.

Plecing kangkung merupakan makanan vegetarian yang terbuat dari sayur kangkung. Makanan khas bali ini menggunakan kangkung air yang renyah dan nikmat sebagai bahan bakunya.

Tentunya agar rasa plecing kangkung lebih nikmat, berbagai bumbu pedas gurih dipadukan dalam makanan ini. Pecinta cita rasa pedas dan gurih pasti terpuaskan dengan sepiring kangkung plecing ini.

5. Sayur Asem, Paduan Cita Rasa Otentik yang Menggugah Selera

Makanan Vegetarian Sayur Asem
Makanan Vegetarian Sayur Asem

Sering bingung memilih makanan vegetarian tradisional karena takut tak dicampur nasi? Jangan takut lagi, kamu bisa mencoba makanan vegetarian tradisional bernama sayur asem.

Sayur asem tentunya sudah jadi hidangan vegetarian yang umum dikenal. Terbuat dari campuran sayuran, sayur asem menghadirkan manfaat dan rasa nikmat berbagai sayuran dalam satu piring.

Campuran sayuran dalam olahan sayur asem ini diperkaya dengan bumbu asam dan pedas yang menggugah selera. Sensasi pedas dan asam yang berpadu dalam satu suapan pastinya membuat siapa saja jatuh hati dengan sayur asem.

Kalau suka sayur asem pakai nasi, kamu bisa coba tambahkan sambal. Pasti rasa pedas dari sambal berpadu dengan rasa segar sayur asem buat kamu tak bisa berhenti tambah nasi.

6. Tahu dan Tempe Bacem, Nikmatnya Olahan Kedelai

Tahu dan Tempe Bacem
Tahu dan Tempe Bacem

Kamu penyuka segala olahan kacang kedelai? Pastinya kamu juga suka dengan tahu dan tempe kan? Suka santap tahu dan tempe bacem, makanan vegetarian tradisional ini pasti membuatmu terpukau.

Pada dasarnya, tahu dan tempe bacem cukup mirip dengan tahu dan tempe pada umumnya. Bagaimana tidak, bahan dasar makanan vegetarian Indonesia ini sama-sama kacang kedelai.

Hanya saja yang membedakan tahu dan tempe bacem dengan tahu dan tempe lainnya adalah bumbunya. Tahu dan tempe bacem sebelum diolah direndam dalam bumbu-bumbu bacem. Bumbu inilah yang memberi rasa unik pada tempe bacem.

Bila kamu suka pedas, sebagai pelengkap, sajikan tahu dan tempe bacem dengan cabe rawit. Dijamin rasa manis pedas tahu dan tempe bacem ini cocok jadi teman ngemil seharian.

7. Salad Buah, Segar Manis Vegetarian Olahan

Salad Buah
Salad Buah

Setelah bahas makanan vegetarian Indonesia dengan cita rasa asin gurih, tak lengkap rasanya kalau tak bahas makanan manis. Ya, para vegetarian pemula yang ingin mencoba makanan vegetarian Indonesia, bisa mencoba salad buah.

Sesuai namanya, salad buah terbuat dari campuran berbagai jenis buah segar. Tentunya makanan vegetarian tradisional satu ini punya cita rasa manis dan segar khas buah yang digunakan dalam pembuatannya.

Dalam penyajiannya, salad buah juga dilengkapi saus atau dressing salad. Nah, tentu saja saus atau dressing salad yang dipakai pada salad buah rasanya cenderung manis.

Biasanya bahan dressing atau saus salad buah terbuat dari campuran susu kental manis dan mayones. Hmm, pasti sudah terbayang kan bagaimana segar dan manisnya buah berpadu dengan saus salad buah ini?

Semua buah bisa dijadikan salad buah yang enak dan nikmat. Jadi, kamu tak usah pusing mau pakai buat apa untuk membuat salad buah buatan sendiri karyamu. Cukup gunakan buah yang kamu suka dan padukan dengan saus atau dressing salad buah racikanmu.

Bagaimana, ternyata ada banyak makanan vegetarian Indonesia, kan? Apa kamu tertarik buat coba salah satu makanan vegetarian Indonesia ini? Yuk komen olahan vegetarian tradisional mana yang kamu suka dan sudah kamu cobain?